PROPOSAL USAHA
“BUTIK JRSTUFF”
DISUSUN OLEH :
CINDY INDAH BUDIYANTI
NPM : 21215506
1EB04
PENGANTAR BISNIS
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2015
DEPOK
2015
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada
Allah SWT serta shalawat dan salam penulis sampaikan hanya bagi tokoh dan
teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang
membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang
paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya penulis
dapat menyelesaikan tugas pengantar bisnis ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan
proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen
pada mata kuliah pengantar bisnis.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan
seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman
dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kata sempurna,
oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat
kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan penulis semoga
tugas ini bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Depok, 10 Oktober 2015
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………………………………………….2
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………………………………………3
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Informasi Tentang Bisnis ………………………………...……………………... ……………………….…….4
1.2 Latar Belakang
……………………………………………………………………………………………………………4
1.3 Visi dan Misi ……..………………………………………………………………………………………………….……..5
BAB II KEGIATAN USAHA
2.1 Konsep Promosi
……………………………………………………………….…………………………………………6
2.2 Target Pelanggan
…………………………………………………………………..………………………………... 6
2.3 Prespektif Masa Depan
Usaha………………………………………………………………….…………….6
2.4 Analisis Persaingan …………………………………………………..…………………………………….....……..6
2.5 Segmentasi Pasar yang akan dimasuki ………………..…………………………………………….….7
BAB III RENCANA PEMASARAN
3.1 Penetapan Harga …………………………………………………………………………………………………......
8
3.2 Pelaksanaan Distribusi
……………………………………………………………………….………………..... 8
3.3 Strategi Promosi yang
akan dilakukan ……………………………………………………………....…9
BAB IV PERENCANAAN
PERMODALAN
4.1 Sumber-sumber permodalan
……....…….………………………………………………………………… 10
4.2 Neraca Permulaan Perusahaan
……...….………………………………………………………………….10
4.3 Proyeksi Aliran Kas
………………………….....………………………………………………………………….11
BAB V PENUTUP …………………………………………………………………………..……………………………..…….12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Informasi tentang
bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak
di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian serta fashion yang pastinya uptodate dan
cocok dengan selera masyarakat khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan
perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha.
Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan
mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang
mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan
kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam
bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan
fashion bagi masyarakat,
3) Mengurangi tingkat
pengangguran,
4) Menjalin persahabatan
antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan
atau laba.
1.2 Latar Belakang
Dengan semakin
berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan
yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka
suatu usaha butik yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat. Butik
JRstuff didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang
fashion yang up to date tanpa melupakan corak dan ciri khas Indonesia.
1.3 Visi dan Misi
Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan
atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan
gaya dalam kehidupan masa kini.
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas
demi kepuasaan pelanggan.
BAB II
KEGIATAN USAHA
2.1 Konsep Promosi
Menempelkan banyak pamflet ditepi jalan raya
yang ramai dilalui masyarakat dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke
pelanggan serta menyediakan brosur promosi yang siap untuk disebarkan kepada
calon pelanggan.
Selain itu, kami juga membuat advertisement
secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara
melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Butik
JRstuff akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.2 Target Pelanggan
Target pelanggan Butik ini adalah : anak muda
atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka
adalah pengguna baju-baju butik yang memiliki ciri khas tertentu.
2.3 Prespektif Masa Depan
Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak
dibidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis,
maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan
fashion dikalangan masyarakat pada saat ini sangat besar.
2.4 Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang
ada, bahwa disekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha butik ini masih
belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan
kekeluargaan.
2.5 Segmentasi Pasar yang
akan dimasuki
Butik JRstuff membidik pasar kelas menengah ke
bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya kami akan
membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga
membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke
tempat kami. Karena segmen pasar usaha butik ini cenderung kemasyarakatan
sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha butik lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat
dipenuhi dari butik, akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka
kemampuan butik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini
mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan
BAB III
RENCANA PEMASARAN
3.1 Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang
diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan
dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah
tabel harga jasa produk yang ditawarkan. Adapun untuk selanjutnya harga akan
disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
> Rp. 85.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 75.000,-
|
3
|
Celana jeans
|
> Rp. 280.000,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 350.000,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp. 55.000,-
|
6
|
Rok
|
> Rp. 80.000,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 450.000,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 7.500,- s/d Rp.
150.000,-
|
3.2 Pelaksanaan
Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami
yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual
produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah
dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
3.3 Strategi Promosi yang
akan dilakukan
Strategi yang akan
kami jalankan pada butik ini antara lain :
- Membuat pamflet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
- Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
- Menyebar brosur-brosur mengenai produk fashion yang kita sediakan di butik.
- Membuat katalog-katalog mengenai fashion yang sedang up to date di butik.
BAB IV
PERENCANAAN PERMODALAN
4.1 Sumber-sumber
permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Butik
JRstuff yaitu dari pemilik butik sendiri dengan modal awal Rp. 50.000.000,-
yang sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang
perdagangan.
4.2 Neraca Permulaan
Perusahaan
Biaya produksi per tahun
terdiri dari:
1.
Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
|
Rp. 15.000.000,-
|
Kulakan baju grosir
|
Rp. 10.000.000,-
|
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
|
Rp. 2.500.000,-
|
Biaya gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 12.000.000,-
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 39.500.000,-
|
2.
Biaya lain-lain
· Listrik
Rp. 2.400.000,-
· Asuransi
Rp. 1.000.000,-
· Transportasi Rp. 600.000,-
· Administrasi Rp. 1.500.000,-
· Pajak
Rp. 2.000.000,-
· Pemeliharaan gedung dan
peralatan Rp. 3.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 10.500.000,-
Total seluruh biaya
produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi Rp. 39.500.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 10.500.000,- +
Total
Rp. 50.000.000
Untuk butik kami proyeksi keuntungan kotor
adalah 45% dari penghasilan. Rata-rata untuk butik kami ini, akan mampu menjual
sekitar 50 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih
pertahun adalah sekitar 20 – 30 juta pertahun.
Sehingga pada tahun kedua
kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ketiga, keempat dan seterusnya, kami
tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi
ke luar daerah dan melakukan ekspor ke luar negeri.
BAB V
PENUTUP
Harapan saya untuk usaha Butik JRstuff yang
saya dirikan ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Setelah melaksanakan
usaha ini kami dapat mengambil kesimpulan :
1.Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.Sebelum membuka usaha seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen, tujuan dan sasaran yang akan dituju.
1.Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.Sebelum membuka usaha seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen, tujuan dan sasaran yang akan dituju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar