Kamis, 03 Desember 2015

Proposal Usaha dengan Modal 50jt



PROPOSAL USAHA
“BUTIK JRSTUFF”

 
 
DISUSUN OLEH :
CINDY INDAH BUDIYANTI
NPM : 21215506
  
1EB04
PENGANTAR BISNIS

FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2015




KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam penulis sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya penulis dapat menyelesaikan tugas pengantar bisnis ini dengan baik dan tepat waktu.

Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah pengantar bisnis. Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan penulis semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.



   Depok, 10 Oktober 2015      


                                         
                                                 Penulis





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………………………………………….2
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………………………………………3
BAB I PENDAHULUAN
1.1          Informasi Tentang Bisnis ………………………………...……………………... ……………………….…….4
1.2       Latar Belakang ……………………………………………………………………………………………………………4
1.3          Visi dan Misi ……..………………………………………………………………………………………………….……..5
BAB II KEGIATAN USAHA
2.1      Konsep Promosi ……………………………………………………………….…………………………………………6
2.2     Target Pelanggan …………………………………………………………………..………………………………... 6
2.3      Prespektif Masa Depan Usaha………………………………………………………………….…………….6
2.4     Analisis Persaingan …………………………………………………..…………………………………….....……..6
2.5      Segmentasi Pasar yang akan dimasuki ………………..…………………………………………….….7
BAB III RENCANA PEMASARAN
3.1           Penetapan Harga …………………………………………………………………………………………………...... 8
3.2          Pelaksanaan Distribusi ……………………………………………………………………….………………..... 8
3.3          Strategi Promosi yang akan dilakukan ……………………………………………………………....…9
BAB IV PERENCANAAN PERMODALAN
4.1           Sumber-sumber permodalan ……....…….………………………………………………………………… 10
4.2           Neraca Permulaan Perusahaan ……...….………………………………………………………………….10
4.3           Proyeksi Aliran Kas ………………………….....………………………………………………………………….11
BAB V PENUTUP …………………………………………………………………………..……………………………..…….12





BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian  serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat khususnya untuk kaum remaja.

Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.

Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat,
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.

1.2 Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha butik yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat. Butik JRstuff didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak dan ciri khas Indonesia.


1.3 Visi dan Misi

Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan masa kini.

Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.



  
BAB II
KEGIATAN USAHA

2.1 Konsep Promosi
Menempelkan banyak pamflet ditepi jalan raya yang ramai dilalui masyarakat dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi yang siap untuk disebarkan kepada calon pelanggan.

Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Butik JRstuff akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.

2.2 Target Pelanggan
Target pelanggan Butik ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju butik yang memiliki ciri khas tertentu.

2.3 Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak dibidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion dikalangan masyarakat pada saat ini sangat besar.

2.4 Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada, bahwa disekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha butik ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

2.5 Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Butik JRstuff membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha butik ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha butik lainnya.

Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari butik, akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan butik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan

 



  

BAB III
RENCANA PEMASARAN

3.1 Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.

No.
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
> Rp.   85.000,-
2
Kaos
> Rp.   75.000,-
3
Celana jeans
> Rp. 280.000,-
4
Gaun
> Rp. 350.000,-
5
Kerudung
> Rp.   55.000,-
6
Rok
> Rp.   80.000,-
7
Jaket
> Rp. 450.000,-
8
Aksesoris
Rp. 7.500,- s/d Rp. 150.000,-

3.2 Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. 

3.3 Strategi Promosi yang akan dilakukan 
        Strategi yang akan kami jalankan pada butik ini antara lain :

  • Membuat pamflet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.

  • Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
  • Menyebar brosur-brosur mengenai produk fashion yang kita sediakan di butik.

  • Membuat katalog-katalog mengenai fashion yang sedang up to date di butik.



  


BAB IV
PERENCANAAN PERMODALAN

4.1 Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Butik JRstuff yaitu dari pemilik butik sendiri dengan modal awal Rp. 50.000.000,- yang sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.

4.2 Neraca Permulaan Perusahaan
     Biaya produksi per tahun terdiri dari:

1.      Modal Awal produksi

Renovasi Awal & Desain Interior
Rp. 15.000.000,-
Kulakan baju grosir
Rp. 10.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
Rp. 2.500.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama
Rp. 12.000.000,- 
Jumlah Modal Produksi
Rp. 39.500.000,-

2.     Biaya lain-lain

·         Listrik                                                    Rp. 2.400.000,-
·         Asuransi                                                 Rp. 1.000.000,-
·         Transportasi                                           Rp.   600.000,-
·         Administrasi                                           Rp. 1.500.000,-
·         Pajak                                                      Rp. 2.000.000,-
·         Pemeliharaan gedung dan peralatan        Rp. 3.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                                   Rp. 10.500.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                     Rp. 39.500.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                       Rp. 10.500.000,-    +
Total                                                                Rp. 50.000.000

4.3 Proyeksi Aliran Kas
Untuk butik kami proyeksi keuntungan kotor adalah 45% dari penghasilan. Rata-rata untuk butik kami ini, akan mampu menjual sekitar 50 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 20 – 30 juta pertahun.

Sehingga pada tahun kedua kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ketiga, keempat dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah dan melakukan ekspor ke luar negeri.






BAB V
PENUTUP

Harapan saya untuk usaha Butik JRstuff yang saya dirikan ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Setelah melaksanakan usaha ini kami dapat mengambil kesimpulan : 
1.Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.Sebelum membuka usaha seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen, tujuan dan sasaran yang akan dituju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar